Dikabarkan Datsun Tutup Produksi, Nissan Angkat Suara

Di Baca : 17818 Kali

Jakarta - Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, mengatakan menurut informasi yang ia terima Datsun akan menyetop produksi mobil di Indonesia. Kabarnya, PT Nissan Motor Indonesia sebagai induk perusahaan Datsun di Indonesia akan mengubah strategi bisnis.

Di lansir Detikcom,pihak Nissan Motor Indonesia yang menaungi merek Datsun di Indonesia mengatakan.


"Kami menegaskan bahwa Nissan terus berkomitmen kepada pasar dan pelanggan di Indonesia," kata Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani kepada detikcom melalui pesan singkat, Senin (25/11/2019).

Terkait isu itu Hana hanya mengatakan bahwa pihak Nissan akan melakukan upaya penyesuaian operasi bisnisnya bahkan pada sektor produksi sekalipun.

"Rencana optimalisasi kami meliputi penyelarasan operasi bisnis dan organisasi, termasuk optimalisasi produksi. Sebagai bagian dari rencana ini, kami melakukan sejumlah langkah yg memastikan pertumbuhan kami di masa depan," jawabnya.

Namun saat diminta kepastian apakah Datsun akan tutup produksinya di Indonesia Hana belum mengkonfirmasi hingga berita ini dilansirkan. Kabar tutup produksi ini pertama kali dilontarkan oleh Putu. Ia pun juga menyatakan alasan yang sama terkait pemberhentian operasional pabrik itu.

"Informasi sementara yang kami terima, Nissan akan mengubah strategi bisnisnya di Indonesia sesuai dengan arah perkembangan pasar otomotif di Indonesia," kata Putu kepada detikcom, Senin (25/11/2019) pagi tadi.

"Nissan akan menghentikan produksi Datsun Go dan Datsun Go+ pada Januari 2020 lantaran skala penjualan dibawah skala ekonomi," lanjutnya.

Namun, kata Putu, pihak Nissan belum membicarakan langsung perihal ini kepada Kementerian Perindustrian.

"Nissan sedang mencari waktu yang tepat untuk melaporkan secara resmi detil rencananya dan perkembangan bisnisnya kepada Kementerian Perindustrian," katanya.


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar