Apabila Terus Meningkat, Ketum PMI : Angka Kasus Penderita Positif Covid-19 di Indonesia Pada Akhir Januari Bisa Mencapai Satu Juta

Di Baca : 5790 Kali

JAKARTA (KHC) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengatakan, angka kasus penderita positif Covid-19 di Indonesia bisa mencapai satu juta pada akhir Januari apabila penularannya terus meningkat.

"Kita mengetahui bahwa masih banyak penularannya tiap hari, yang positif. Apabila kondisi ini berjalan terus di atas 10.000 (kasus per hari), maka pada akhir bulan ini bisa tembus satu juta yang positif," kata Kalla dalam sambutannya saat peluncuran Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen Covid-19 di Markas PMI Pusat Jakarta, Senin (18/1/2021).

Baca juga: JK: Airlangga Donor Plasma Konvalesen sebagai Rasa Syukur Sembuh Covid-19

Untuk menekan angka penularan tersebut, Kalla mengatakan, berbagai cara harus dilakukan oleh masyarakat melalui penerapan protokol kesehatan secara ketat serta menjadi donor plasma darah konvalesen bagi para penyintas Covid-19.

"Berbagai cara telah kita upayakan, salah satunya adalah dengan plasma konvalesen yang berasal dari plasma darah penyintas Covid-19 yang telah sembuh," ucap dia. 

Selain penerapan dan pengobatan dengan plasma konvalesen, kata Kalla, vaksinasi juga menjadi cara ampuh untuk menekan angka penularan virus corona.

Pemerintah telah memulai vaksinasi dengan harapan memberikan imunitas kepada tubuh masyarakat. 

"Kita berterima kasih kepada pemerintah dan semua pihak yang terlibat untuk itu," ujar Kalla.

Dari Minggu (17/1/2021) hingga pukul 12.00 WIB hingga Senin pukul 12.00 WIB, tercatat penambahan 9.086 kasus baru Covid-19.

Dengan demikian, secara akumulatif ada 917.015 kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga saat ini. Kasus baru pasien konfirmasi positif Covid-19 tersebar di 32 provinsi.***


Sumber : Kompas.com
Editor : Ricky


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar