Wabup Sulaiman : Ini Bukti Komitmen Kita Buat Masyarakat Menikmati Air Bersih

Di Baca : 1584 Kali

BASIRA (KHC) - Wakil Bupati (Wabup) - Rohil,H Sulaiman SS MH meresmikan secara langsung program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) 5 Kepenghuluan di Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) TA 2021,di Paket F Kepenghuluan Harapan Makmur Selatan Kecamatan Basira Rohil, Kamis (12/08/2021) sekira Pukul 14.00 WIB.

Lima Kepenghuluan tersebut di antaranya Kepenghuluan Harapan Makmur, Kepenghuluan Harapan Makmur Selatan, Kepenghuluan Bagan Sinembah,  Kepenghuluan Salak dan Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat. 

Hadir dalam peresmian ini,Wakil ketua DPRD Rohil Hamzah, Camat Basira Drs HM Yusuf Msi,Kadis Perkim Rohil diwakili Budi Mulya,Provinsi Koordinator PAMSIMAS Irwan S.Sos MSI,Datuk Penghulu dan Masyarakat Harapan Makmur Selatan.

Usai pengguntingan pita sebagai proses peresmian program Pamsimas ini,Wabup Sulaiman mengatakan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir berkomitmen meningkatkan akses penyedian air minum dan sanitasi yang layak untuk semua lapisan masyarakat di seluruh Kecamatan Kabupaten Rohil melalui program Pamsimas ini.

Untuk mewujudkan ini,Sambung Wabup lagi berbagai upaya dilakukan Pemda Rohil diantaranya melalui kolaborasi berbagai mode pembiayaan,baik melalui dana APBN (Program Pamsimas),Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun dana APBD kabupaten Rokan Hilir dan bahkan dana iuran masyarakat dan dari APBDes.

“Dengan diresmikannya Pamsimas sarana air minum dan sanitasi ini menjadi anugerah dan bukti nyata keseriusan Pemerintah membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi bagi masyarakat, dengan harapan fasilitas yang sudah dibangun ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat terutama di 5 Kepenghuluan ini,dan Saya ingatkan untuk tetap dijaga serta dikelola dengan baik,”Pesan Wabup.

Selain itu,Sulaiman juga menginginkan masyarakat untuk menjaga dan memanfaatkan sebaik-baiknya program Pamsimas ini dan menjadi percontohan bagi daerah lain,dan tahun depan dapat dianggarkan lagi oleh Pemerintah Pusat.

"Mudah-mudahan dengan suksesnya program Pamsimas di Rohil,kedepannya program Pamsimas bisa dianggarkan kembali oleh pemerintah pusat," Pungkas Wabup Sulaiman.

Sebelumnya, Camat Basira Drs HM Yusuf dalam sambutannya menyampaikan di Kecamatan Basira saat ini mendapatkan program Pamaimaa di 5 Kepenghuluan yakni,Kepenghuluan Salak,Bagan Sinembah Barat, Bagan Sinembah,Harapan Makmur dan Harapan Makmur Selatan.

"Program PAMSIMAS ini,Kita harapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi seluruh warga di 5 Kepenghuluan, inj" harap Camat.

Menurut Camat Derah yang mendapat program Pamsimas ini mayoritas daerah berbukit, bahkan jika dilakukan pengeboran sumur bor harganya bisa mencapai 12 juta per sumur,namun dengan adanya program Pamsimas ini,masyarakat terbantu dan bisa menikmati air bersih dari program Pemerintah Pusat maupun Daerah.

"Kita ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang sudah memberikan bantuan program Pamsimas ini dan semoga bisa berfungsi sebagaimana mestinya,"Ucap Camat Yusuf.***


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar