Bertemu NSA, Luhut Bahas Masalah Ekonomi

Di Baca : 814 Kali
Ket Foto : Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan perwakilan Dana Moneter Dunia (IMF) dan World Bank (Bank Dunia) di Amerika Serikat pada Senin, 16 November 2020.

JAKARTA (KHC) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan sejumlah pihak di Amerika Serikat untuk membahas berbagai hal. Misalnya soal peningkatan keamanan kesehatan global.

Di Amerika Serikat, Luhut di antaranya bertemu dengan Penasehat Keamanan Nasional (NSA) Jake Sullivan untuk membahas peningkatan keamanan nasional, serta komunikasi strategis antara Pemerintah Indonesia dan Amerika.

“Saya sampaikan pada Mr. Sullivan jika Amerika ingin membantu Indonesia secara konkret, maka perusahaan-perusahaan Amerika dapat melakukan kerja sama investasi dan produksi obat therapeutic Covid di Indonesia yang sudah dalam fase 'clinical trial' terakhir di mana kita tahu bersama bahwa obat ini bisa menjadi kunci penanganan pandemi. Kita tidak ingin hanya sekadar menjadi pembeli,” tulis Luhut di akun resmi Instagramnya, Kamis, 21 Oktober 2021.

Menurut dia, Penasehat Keamanan Nasional (NSA) itu tampak optimis dan sepakat dengan apa yang ia sampaikan. Luhut mengatakan jika hal ini berhasil, maka penanganan pandemi di Indonesia bisa jauh lebih baik, dengan catatan Indonesia harus taat protokol kesehatan dan melakukan percepatan vaksinasi.

Selain dengan Sullivan, Luhut bertemu dengan Utusan Khusus Presiden Joe Biden untuk Iklim, John Kerry. Mereka membahas kerja sama pengurangan gas rumah kaca serta percepatan dan transisi menuju EBT.

Luhut juga mengatakan Managing Director IMF (International Monetary Fund), Kristalina Georgieva memberikan apresiasi khusus ke Indonesia karena takjub akan langkah-langkah pemulihan ekonomi di Indonesia lewat penguatan UMKM.

“Mudah-mudahan penguatan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional bisa terus kita dorong agar perekonomian Indonesia tetap bergerak meskipun di masa sulit seperti sekarang. Saya percaya bahwa apa yang diusahakan akan selalu mendapatkan jalan. Semoga dari apa yang diusahakan hari ini berbuah hasil di kemudian hari bagai negeri tercinta ini,” tulis Luhut.***

Sumber : Tempo.co

Editor : Ricky


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar