Tahun 2022 Ini, Dinas Perkim Bangun 386 Unit Rumah Layak Huni di 17 Kelurahan dan 3 Kecamatan

Di Baca : 1584 Kali

DUMAI (KHC) - Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Dumai Tahun 2022 ini membangun sebanyak 386 unit rumah layak huni atau rumah swadaya prasejahtera tersebar di 17 kelurahan di 3 kecamatan,senilai total Rp20 miliar.

Kepala Dinas Perkim Dumai Fauzi Efrizal mengatakan, pembangunan rumah layak huni ini bersumber tiga mata anggaran, yaitu anggaran Dumai, bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Riau dan dana alokasi khusus atau DAK.

Sumber pendanaan RLH ini, DAK Rp7,3 miliar, Dana Pendamping APBD Rp10 miliar dan Bankeu Rp2,4 miliar.

"Sebanyak 348 unit rumah layak huni bersumber anggaran DAK dan APBD Dumai, sedangkan 38 unit lagi dari bantuan keuangan provinsi," kata Fauzi kepada pers, Senin.

Kelurahan yang dibangun rumah layak huni dengan DAK 2022 yaitu Lubuk Gaung 50 Unit, Pangkalan Sesai 46, Simpang Tetap Darul Ikhsan (STDI) 40, Bumi Ayu 50, Bukit Datuk 56, Ratu Sima 56 dan Kelurahan Rimba Sekampung 50 unit.

Sedangkan dana Bankeu 2022 RLH dibangun di Kelurahan STDI 9 unit, Bagan Keladi 3, Bukit Batrem 4, Bagan Besar 2, Bukit Kayu Kapur 3, Bagan Besar Timur 1, Sungai Geniot 2, Bangsal Aceh 3, Lubuk Gaung 3 dan Kelurahan Tanjung Penyembal 8 unit.

Untuk realisasi, lanjut Fauzi, pembangunan dengan DAK sudah masuk tahap ke III dengan kondisi rata rata mencapai 85 persen. Sedangkan realisasi Bankeu Provinsi Riau baru pada tahap pertama.

Tahap pertama dimulainya program rumah layak huni ini ditanda kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan pada Juni 2022 lalu di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan oleh Walikota Dumai Paisal.

Menurut walikota, pembangunan RLH ini diserahkan kepada masyarakat kurang mampu dan diharap dalam pekerjaan dapat terlaksana baik dan diawasi bersama sama.

"Semoga rumah ini dijaga dengan baik, dan kita berharap kualitas bangunan juga baik. Warga memiliki rumah tidak layak semoga dapat terbantu, dan proses pembangunan bisa berjalan baik,"kata Paisal.***

Editor : Ricky 


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar