Bunda Paud Dumai : Mari Kita Bergandeng Tangan untuk Memerangi Kasus Stunting Ini di Kota Dumai Kota Idaman

Di Baca : 1861 Kali
Teks Foto : Bunda Paud Kota Dumai, Hj. Leni Ramaini foto bersama Kepala Sekolah PAUD/ TK dan beberapa perwakilan orang tua dan Guru PAUD/TK serta Plt.Kadisdukcapil Kota Dumai

DUMAI (KHC) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal - Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PAUDNI - PKLK) menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penurunan Stunting Tahun 2022.

Acara yang dilangsungkan di Balai Sri Bunga Tanjung Kota Dumai ini, dibuka secara resmi oleh Bunda PAUD Kota Dumai Hj. Leni Ramaini, SKM, Kamis (6/10/2022) pagi.

Bimtek penurunan stunting dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 6 dan 7 September dengan sasaran peserta bimtek yaitu Kepala Sekolah PAUD/ TK dan beberapa perwakilan orang tua (hari pertama), Guru PAUD/TK(hari kedua)

Diawal, Kabid PAUDNI - PKLK Mira Syaifi. M, S.Kom menjelaskan dalam laporannya, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan.

"Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif, serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, dilakukan lah bimtek penurunan stunting yang dilaksanakan secara holistik, integratif dan berkualitas terhadap Kepala Sekolah dan Guru PAUD/TK serta Wali Murid," ucapnya.

Lanjut Mira, tujuan dari bimtek ini yaitu menambah wawasan dan pengetahuan terhadap Kepala Sekolah dan Guru PAUD/TK serta Wali Murid tentang stunting dan bisa memahami cara bagaimana langkah awal dalam penurunan stunting.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Bidang PAUDNI - PKLK telah mendatangkan 2 narasumber. Pemateri pertama yaitu Dr. Hasriza Eka Pura, M.Sc, Sp.A dengan materi mengenali stunting dan cara pencegahannya, dan pemateri kedua, Khairani Hasyim, SKM, M.Si dengan materi cegah stunting dengan pola asuh dan sanitasi.

"Dalam kesempatan ini, izinkan kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras segenap jajaran di Bidang PAUDNI-PKLK yang telah bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan ini. Tetap semangat, semoga Allah meridhoi usaha kita bersama, amin," sebut Mira.

Disisi lain, Bunda Paud Kota Dumai, Hj. Leni Ramaini dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya bimtek penurunan stunting bagi guru PAUD.

"Semoga dihasilkan pengetahuan yang lebih mantap dari seluruh pihak yang hadir dalam percepatan penurunan stunting secara bersama-sama," tuturnya.

Lanjut Leni, PAUD Kota Dumai bekerja sama dengan pemerintah, dan pihak lainnya seperti TP PKK Kota Dumai tidak henti-hentinya mengkampanyekan pencegahan stunting secara dini.

"Kita telah melakukan rembuk stunting, konvergensi percepatan penurunan stunting, rekonsiliasi stunting, dan banyak lagi program lainnya, termasuk kegiatan bimtek ini adalah upaya nyata Pemko Dumai untuk mencegah stunting  di Indonesia, khususnya di Kota Dumai," sebut Leni.

Kepada peserta bimtek ia berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan seksama hingga tuntas, sehingga nantinya dapat berkontribusi dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kota Dumai Kota Idaman.

"Dan kepada para pemangku kepentingan (Stakeholder), mari kita bergandeng tangan untuk memerangi kasus stunting ini bersama PAUD, TP PKK, kepala perangkat daerah, kemenag, camat, dan lurah serta instansi terkait yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting," pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan apresiasi berupa Piagam Penghargaan Partisipasi dan Kerjasama dalam percepatan penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai upaya mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menuju Dumai Kota Idaman dari Pemerintah Kota Dumai dalam hal ini Disdukcapil Dumai kepada Sekolah PAUD terbaik.

Tidak hanya itu, pada moment ini juga dilakukan penyerahan Buku Tumbuh Kembang Anak yang merupakan inisiasi dari Disdikbud Dumai melalui Bidang PAUDNI-PKLK untuk anak usia 5 tahun ke bawah yang secara simbolis diserahkan oleh Bunda PAUD Kota Dumai kepada perwakilan Sekolah PAUD di Kota Dumai.

Turut hadir, Plt. Kadisdukcapil Kota Dumai, serta para Guru PAUD se Kota Dumai.***


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar