Ini Negara Pertama Merayakan Tahun Baru

Di Baca : 351 Kali
Tahun Baru 2023

KABARHEADLINE.COM - Dalam hitungan jam seluruh dunia akan merayakan tahun baru 2023. Apakah kamu tahu negara mana pertama yang merayakan tahun baru?

Dalam perayaan tahun baru tentu akan terjadi perbedaan karena rotasi serta revolusi bumi. maka akan ada negara yang pertama dan terakhir melaksanakan tahun baru.

Negara Pertama Merayakan Tahun Baru

Jika tebakan Anda adalah Inggris karena Greenwich ada di negara tersebut, Anda masih kurang tepat. Ternyata negara pertama yang akan rayakan tahun baru adalah Kiribati. Ini adalah sebuah negara yang berada di Kepulauan Samudra Pasifik.

Kiribati sendiri akan merayakan tahun baru saat Indonesia bagian barat baru menunjukkan pukul 17.00 WIB. Hal ini karena perbedaan zona waktu yang ada antara negara kita dan Kiribati adalah sebanyak tujuh jam.

Negara ini terkenal akan keindahan lautnya dan menjadi cagar laut terbesar di Pasifik Selatan. Dengan luas sekitar 811 kilometer persegi, Kribati sebagian besar berbentuk atol dataran rendah atau terumbu karang berbentuk cincin.

Jadi jika Anda ingin menjadi golongan masyarakat dunia pertama yang merasakan tahun baru, mungkin Anda bisa berkunjung ke negara ini sambil menikmati keindahan kepulauan dan bawah lautnya yang mempesona.

Setelah tahu soal negara yang pertama kali merayakan tahun baru, Anda mungkin juga penasaran dengan hal sebaliknya. Negara atau area mana yang terakhir merayakan momen ini?

Secara geografis, Amerika Serikat berada di belahan bumi yang lain dari Kiribati. Inilah mengapa negara tersebut menjadi salah satu wilayah yang mengalami tahun baru paling belakang, khususnya area Howland Island dan Baker Island.

Saat kita di Indonesia merayakan pergantian tahun, kedua wilayah tersebut masih harus menunggu 19 jam lagi untuk merayakannya. Jadi, mereka akan merayakan tahun baru saat Indonesia bagian barat menunjukkan waktu 19.00 WIB.

Letak dari Howland Island sendiri adalah Samudra Pasifik bagian Barat Daya, yakni 2.650 kilometer sebelah barat daya dari Honolulu. Tak heran jika orang-orang di sana harus merayakan tahun baru 2023 paling akhir.

Itulah sekilas informasi mengenai negara pertama yang rayakan tahun baru 2023 di dunia. Selamat menyongsong tahun baru!


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar