Tempat Wisata di Provinsi Riau yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Lebaran

Di Baca : 513 Kali
Air Terjun Lubuk Bigau, salah satu objek wisata di Provinsi Riau

KABARHEADLINE.COM - Anda saat ini tengah mencari tempat wisata di Provinsi Riau, berikut sejumlah lokasi yang wajib dikunjungi saat liburan hari raya Idul Fitri 2023 bersama keluarga anda.

Meski Provinsi Riau dikenal dengan daerah perkebunan kelapa sawit, namun daerah ini terdapat banyak lokasi yang wajib di kunjungi saat berlibur bersama keluarga, rekan dan juga teman kantor.

Walaupun wilayah di dominasi oleh perkebunan kelapa sawit, Provinsi dengan ibu kota Pekanbaru tersebut banyak memiliki destinasi wisata yang eksotis.

Mau tahu mana sajakah destinasi favorit wisatawan Riau? Ini nih 13 destinasi wisata Riau yang bisa Kamu kunjungi

1. Candi Muara Takus

Candi Takus, salah satu destinasi favorit lho, karena candi Buddha ini adalah satu-satunya candi peninggalan sejarah di Riau yang bisa Kamu kunjungi bersama keluarga. Destinasi wisata ini ada di Desa Muara Takus Kecamatan Koto Kampar XIII, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

2. Air Terjun Lubuk Bigau

Air terjun ini sering juga disebut Air terjun Pangkalan Kapas. Lokasi destinsi wisata alam ini ada di desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kamparkiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Ternyata air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Riau lho, karena tingginya mencapai 130 meter lho! Selain itu air terjun ini pun masih alami.

3. Danau Raja

Jika datang ke Danau Raja, sebaiknya jangan sendirian ya! Kamu bisa ajak saudara atau keluarga lainnya. Dulunya danau ini adalah tempat pemandian keluarga Istana Indragiri. Konon, di dekat danau Raja, ada sebuah bangunan kerajaan di tengah aliran sungai Indragiri. Kamu bisa melihat sebuah bekas bangunan di tengah sungai saat debit air sungai kecil. Danau Raja ini ada di Kota Rengat, Riau.

4. Istana Siak

Bangunan yang mengadopsi gaya arsitektur Eropa, Arab dan Melayu ini dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Di sana Kamu bisa melihat beberapa koleksi kerajaan patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda dan patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam berhiaskan berlian. 

5. Kebun Binatang Kasang Kulim

Kebun binatang yang punya luas 10 hektar ini punya beragam macam koleksi satwa yang bisa Kamu kenalkan sama anak-anak. Kebun binatang Kasang Kulim ini bisa Kamu tempuh selama 30 menit dari pusat kota. Kamu juga cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 20 ribu untuk orang dewasa dan Rp. 10 ribu untuk anak-anak.

6. Riau Fantasi

 

Ada dua wahana yang bisa Kamu nikmati saat datang ke sini. Wahana kering Kamu bisa mencoba beberapa macam permainan yang memacu adrenalin. Sedangkan di wahana air Kamu bisa berenang sepuasnya di sana. Destinasi ini terletak di Jalan Labersa dan sekitar 45 menit dari pusat kota

7. Pulau Jemur

Pulau Jemur merupakan gugusan pulau yang terdiri dari beberapa pulau seperti Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, serta banyak pulau-pulau kecil lainnya. Letak Pulau ini tak jauh dari kota Rokan, hanya sekitar 72 Km dari sana, yaitu Bangansiapiapi. 

Nah, Pulau Jemur ini spesies penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu  itu naik ke pantai untuk bertelur. Kalau Kamu beruntung bisa lihat lucunya penyu-penyu yang sedang bertelur.

8. Bono, Teluk Meranti

Destinasi ini ada di teluk Meranti. Kamu bisa merasakan berselancar di sungai lho. Di sungai itu terdapat Bono (gelombang pasang surutnya ombak dengan suara yang menderu keras). Bono ini punya kecepatan 40 kilomater per jam. Lokasi sungai ini ada Desa Teluk Meranti. 

Kalau mau ke tempat ini, lebih baik ajak temen-temen SMA mu. Bisa liburan seru sekalian reunian bareng gitu.

9. Museum Sang Nila Utama

Museum yang ada di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru menyimpan beragam peninggalan sejarah dan budaya di Riau. Benda-benda sejarah itu seperti pakaian adat Riau, alat musik dan masih banyak. Kamu  bisa kunjungi museum Sang Nila Utama untuk lebih mengenal budaya Riau.

10. Taman Putri Kaca Mayang

Taman Putri Kaca Mayang ini terletak di jantung kota, tepatnya di jalan Jendral Sudirman Pekanbaru. Di depan kantor Walikota Kota Pekanbaru. Banyak sekali arena permainan yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Kamu pun bisa menikmatinya dengan bersantai di bawah pohon rindang. 

 

Sebenarnya masih banyak lagi lokasi wisata yang dapat kamu kunjungi di Provinsi Riau yang lagi hits, kamu dapat mencari berbagai sumber lainnya seperti Instagram, TikTok dan juga media sosial lainnya.

Jangan lupa kamu bisa berbagi pengalaman menarik kepada sahabat-sahabat kamu dalam berwisata di Riau.


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar