Bupati Rohil Apresiasi Kinerja Kapolres Rohil Bangun Ketahanan Pangan Jaga Kampung Di Rohil

Di Baca : 6523 Kali

BALAI JAYA (KHC) - Bupati Rohil H. Suyatno,AMp mengatakan Pemerintah Rokan Hilir (Rohil) mengambut baik dan mendukung program gerakan nusantara jaga kampung yang di gagas Polri di masa Pandemi Covid-19 ini dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan terutama sekali di Wilayah Kabupaten Rohil.

"Kita apresiasi gerakan jaga kampung di lahan milik PT.Ivo Mas Pratama ini oleh Polda Riau,terutama sekali Kepada Kapolres Rohil beserta jajaran,Kita lihat disini,sangat luar biasa,tentunya semua ini berkat kerja keras dan bisa seperti ini,dan yang pasti semua ini akan di nikmati masyarakat Rohil menghadapi Pandemi Covid-19 ini."Ujar Bupati Suyatno saat memberikan kata sambutan di acara peresmian kampung tangguh Nusantara Jaga Kampung oleh Kabaharkam Polri di lahan PT.Ivo Mas Pratama,Rabu (26/08) lalu.

"Kampung Tangguh Nusantara merupakan program Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz,dalam rangka penanganan Covid-19 di bidang kesehatan,keamanan dan sosial ekonomi sebagai tindak lanjut dari Presiden Republik Indonesia ir.H Joko Widodo dalam mendukung program Pemerintah terkait ketahanan pangan menghadapi wabah Covid-19 ini.

Sementara gerakan jaga kampung adalah pola kegiatan yang di canangkan Kapolda Riau sebagai tindak lanjut program kampung tangguh nusantara,untuk mewujudkan,kampung kuat dari gangguan Kamtibmas ,kampung sehat aman dari wabah Covid-19 dan mampu mencukupi kebutuhan pangan secara mandiri.

Secara geografis,letak Kabupaten Rohil berada pada bagian pesisir Timur Sumatera yang berbatasan,di Utara Selat Malaka,di Selatan dengan Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Bengkalis,Sebelah Barat dengan Propinsi Sumatera Utara,Sebelah Timur dengan Kota Dumai.

Dari aspek demokraifis dan administrative, penduduk Kabupaten Rohil berjumlah 714.497 Jiwa,yang tersebar pada 18 Kecamatan dan 26 Kelurahan serta 172 Kepenghuluan yang mempunyai dua tipologi kawasan,diantaranya Kawasan Trannasional adalah masyarakat yang bermukim di jalan lintas Riau-Sumatera Utara,menggantungkan sumber kehidupannya dari komoditi perkebunan berupa karet dan kelapa sawit.

Sementara Kawasan Pesisir masyarakat bermukim dipesisir pantai Sungai Rokan,sumber kehidupannya bergantung pada ketersediaan dan kekayaan sumberdaya kelautan, bermata pencaharian sebagai nelayan."Paparnya.

"Terkait dengan upaya pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19, Pemerintah Daerah bersama Forkopinda Kabupaten Rohil, terutama Jajaran Polres Rohil, Kodim 0321/Rohil dan jajaran serta elemen lainnya, telah telah melakukan upaya maksimal,sehingga selama lebih kurang 4 bulan,1 diantara 12 Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Riau,Kabupaten Rohil mampu bertahan sebagai Zona Hijau Covid - 19. 

Meskipun sejak tanggal 21 Juli 2020 yang lalu Kabupaten Rohil tidak lagi dinyatakan sebagai Zona Hijau Covid-19, maka dengan itu pula menjadi tantangan bagi kami, segenap jajaran Forkopinda Kabupaten Rohil, untuk berupaya lebih keras lagi dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19, dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan secara kontinu dan konsisten.

Guna melindungi masyarakat dan petugas yang berada  lebih dari 221 Pos Penjagaan Covid-19, kami telah melengkapi petugas  kami lebih dari APD,Masker dan lebih dari 60.000 Paket Sembako telah dibagikan kepada masyarakat serta masyarakat yang telah diswap 2.588 orang.

Sedangkan dalam upaya menjaga Kelangkaan Bahan Pangan ini di Polres Rohil ada 58,8 Ha tersebar di 50 Kepenghuluan,Selain mengfungsikan lahan sawah yang telah ada, kami juga bersama Jajaran Kodim 0321 Rohil telah membuka Lahan Sawah Baru seluas 73 Ha yang berlokasi di Kecamatan Pekaitan. 

"Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Rohil menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Kapolri,penggagas Kampung Tangguh Nusantara,menjadi Gerakan Jaga Kampung Polda Riau,gerakan berbasis partisipasi masyarakat sebagai garda terdepan dalam upaya pencegahan Covid-19 ini."Pungkasnya.***


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar