Bupati Afrizal : Tahap Awal 500 Masyarakat Ikuti Pelatihan SDM Industri

Tingkatkan SDM Industri, Pemda Rohil Teken MoU Dengan Balai Diklat Industri Medan

Di Baca : 451 Kali

BAGANSIAPIAPI (KHC) - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan kerjasama kesepakatan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Balai Diklat Industri Medan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)Industri, Kementrian Industri RI, Jumat (29/10/2021) kemaren.

Penandatanganan MoU di Rumah dinas Bupati secara langsung dilakukan oleh Bupati Rohil Afrizal S.Ip didampingi Wabup H Sulaiman SS MH bersama Kepala Balai Diklat Industri Medan Drs Indra Amin Msi.

Kepala balai Diklat Medan Drs Indra Amin daplam sambutannya mengatakan, kegiatan pembangunan Industri nasional selain meningkatkan investasi juga harus selaraskan pengembangan sumber daya manusia agar selaras dalam pelaksanaannya, khusus di Kabupaten Rohil di dukung penuh Bupati dan Wakil Bupati.

"Kita besyukur, Diklat dalam rangka pengembangan SDM Industri ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Rohil Sehingga,dalam waktu dekat akan segara kita jalankan,"Terangnya. 

Dikatakannya lagi, sejalan dengan program di Kementerian Perindustrian dalam upaya peningkatan tenaga kerja industri,akan terus di kembangkan dalam rangka menjadikan sektor industri tersebut menjadi prime mover atau penggerak utama di dalam pembangunan ekonomi nasional. 

"Dalam rangka memperkuat industri ini berproduktivitas dengan produktivitas tinggi dan agar mampu bersaing berkompetisi dengan industri dari luar negeri di semua lini sektor yang ada di industri khususnya untuk operator ini akan kita tingkatkan kompetensi nya dan akan kita sertifikasi, hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing terutama sekali SDM hal ini sangat diperlukan dalam industri nasional yang penerapan nya akan menuju Industri 4.0."Bebernya.

"Jadi, sektor industri sawit ini nanti akan masuk ke dalam sektor industri yang menerapkan teknologi produksi menuju industri 4.0 salah satu yang didorong oleh Pak Bupati untuk kita segerakan pelaksanaannya. Sehingga, potensi kekayaan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Rohil akan semakin meningkat, " Bebernya lagi. 

Apalagi tambahnya, visi misi Bupati Rohil dalam pengembangan sektor industri sangat sejalan dengan MoU yang telah ditandatangani bersama tersebut."Dengan pengembangan SDM bidang industri tentunya kesempatan kerja akan semakin terbuka dan angka pengangguran akan semakin menurun, "Imbuhnya. 

Sementara, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas MoU yang dilakukan bersama balai Diklat industri Medan.apalagi dengan adanya MoU tersebut tentunya akan mendukung pengembangan SDM yang ada di Rohil yang selama ini memang masih tergolong rendah di bidang industri. 

Apalagi sebut Bupati, Rohil memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat besar seperti Pabrik Kelapa Sawit (PKS) serta bidang industri lainnya. Sehingga, dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni dalam pengelolaan nya.

"Pembinaan SDM bidang industri ini betul-betul sangat kami butuhkan untuk memberikan keahlian kepada anak-anak Rohil, " jelasnya. 

Untuk tahap pertama ini kata Bupati, akan diberikan pelatihan kepada 500 masyarakat yang dibagi dari 18 Kecamatan yang ada di Rohil selama 12 hari. 

"Setelah memiliki keahlian dan sertifikasi tentu kita bisa mengirimkan anak-anak kita untuk bekerja di perusahaan baik PKS maupun Migas yang ada di Rohil, "Tandasnya.***


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar