Disnaker Dumai Dinilai Tidak Trasparan Terkait Dugaan Data Loker dari Perusahaan

Di Baca : 1826 Kali
Ket Foto : Kantor Disnaker Dumai.

DUMAI (KHC) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Kota Dumai dinilai tidak transparan terkait dengan duga data lowongan kerja (loker) dari perusahaan. Menurut informasi yang di terima dari masyarakat, bahwa pada bulan lalu sebuah perusahaan merekrut atau membutuhkan tenaga kerja sekitar 10 orang, Informasi yang di peroleh, pihak perusahaan memberitahukan kepada Disnaker kota Dumai bahwa ada penerimaan tenaga kerja.

Namun, Setelah perusahaan memberitahukan kepada Disnaker, sepatutnya lowongan kerja dari perusahaan tersebut di pajangkan di papan pengumuman depan halaman kantor Disnaker agar para pencari kerja mengetahui bahwa ada perusahaan membutuhkan tenaga kerja.

Nyatanya, pihak Disnakertrans kota Dumai tidak memajang brosur lowongan kerja dari perusahaan di papan pengumuman. Tidak jelas apa maksud dan tujuan Disnakertrans yang tidak mencantumkan lowongan kerja di papan pengumuman. Ternyata lamaran kerja sekitar 6 map telah terletak di salah satu meja oknum ASN Disnakertrans Pemko Dumai.

Warga Dumai pencari kerja yang menitipkan surat lamaran ke meja oknum ASN, apakah hanya kerabat atau dari kalangan orang yang di kenal saja yang tahu ada lowongan kerja di perusahaan tersebut?

Mengetahui informasi yang di sampaikan masyarakat, pekan lalu redaksi menyambangi kantor Disnakertrans Pemko Dumai. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemko Dumai Satrio Wibowo ketika di konfirmasi di ruang kerja menepik kabar tersebut, dia mengatakan bahwa setiap ada lowongan kerja dari perusahaan di Kota Dumai di pastikan di tempelkan di papan pengumuman agar pencari kerja dapat mengetahuinya.

“Kalau ada surat resmi dari perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja saya pastikan di pajang lowongan kerja di papan pengumuman”, ujarnya. Selama ini jarang perusahaan di Kota Dumai yang memberitahukan ke Disnakertrans bahwa ada lowongan kerja. Biasanya, pihak perusahaan secara tersembunyi dan diam-diam merekrut tenaga kerja dari lingkungan sekitar perusahaan.

Satrio Wibowo menyampaikan bahwa pihak perusahaan di Kota Dumai punya Website, jika ada lowongan kerja di perusahaan dapat memberitahukan di website milik perusahaan, namun penerimaan lowongan kerja itu juga tidak di tampilkan perusahaan di Website.

“Setahu saya yang terakhir menyampaikan pemberitahuan penerimaan tenaga kerja ke Disnakertrans yaitu Pertamina, selain itu tidak ada,” ungkap Satrio Wibowo.***(Rls/Rki)


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar