Darmawan Prasodjo Gantikan Zulkifli Sebagai Dirut PLN

Di Baca : 3778 Kali
Ket Foto : Menteri BUMN, Erick Thohir.

JAKARTA (KHC) ‐ Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan Zulkifli Zaini dari jabatan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. Zulkifli selanjutnya diganti oleh Darmawan Prasodjo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PLN.

Pemberhentian dan pengangkatan ini dilakukan di Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN 2021 yang diselenggarakan pada Senin (6/12) ini. Erick mengucapkan terima kasih atas kontribusi Zulkifli selama ini.

Sebab, menurut catatannya, Zulkifli telah mampu memperbaiki kinerja keuangan perusahaan setrum nasional. Hal ini tercermin dari pendapatan usaha yang mencapai Rp345,4 trilliun dan laba bersih Rp5,99 triliun pada 2020.

Laba ini naik 39,3 persen dari 2019. PLN di bawah pimpinan Zulkifli juga berhasil menurunkan jumlah rasio utang sekitar Rp452,4 triliun.

Tak ketinggalan, PLN juga berkontribusi pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PLN) melalui pemberian diskon listrik kepada 31,4 juta rumah tangga pada 2020 dan 32,6 juta rumah tangga pada 2021.

"Saya menghaturkan terima kasih sebesar-besarnya atas komitmen yang sudah diberikan selama ini. Saya yakin rekam jejak terbaik yang ditorehkan menjadi legacy dan pondasi untuk pemimpin berikutnya," ujar Erick dalam keterangan resmi.

Di sisi lain, Erick menitipkan beberapa pesan-pesan untuk pimpinan PLN ke depan. Menurutnya, pemimpin harus menyandarkan tanggung jawab yang diemban dengan hati dan keikhlasan.

"Karena bagaimanapun juga, jabatan yang diberikan kepada kita tak lain sebuah amanah. Amanah untuk memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada negara dan memiliki dampak sosial seluas-luasnya berupa peningkatan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Selain itu, Erick juga berpesan kepada Darmawan untuk melanjutkan upaya transformasi yang telah dilakukan dapat terus ditingkatkan.

"Transisi energi yang dilakukan PLN perlu dilakukan terobosan sehingga tidak membebani negara dan masyarakat," imbuhnya.***

Berikut susunan direksi PLN yang baru:

Direktur Utama: Darmawan Prasodjo. 
Direktur Perencanaan Korporat: Evy Haryadi. 
Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan: Bob Saril. 

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Sinthya Roesly. 

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia: Syofvi Felienty Roekman. 

Direktur Energi Primer: Rudy Hendra Prastowo. 
Direktur Mega Proyek dan EBT: Wiluyo Kusdwiharto.

Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan: Muhammad Ikbal Nur. 

Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali: Haryanto WS.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara: Syamsul Huda. 

Sumber : CNN Indonesia

Editor : Ricky


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar