Afrizal : Kembangkan Dan Lestarikan Budaya Melayu Di Rohil

Bupati Lantik DKD Rohil Priode 2021-2025

Di Baca : 3693 Kali

BAGANSIAPIAPI (KHC) - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal SiP melantik Pengurus Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Rohil periode 2020-2025 dengan Ketua Delsi Hendria, Selasa (7/12/2021) malam. 

Pelantikan dipusatkan di Coffie Uyang Bagan di hadiri Wabup Rohil H Sulaiman,SS MH, Ketua dan Wakil Ketua PKK, Sekdakab H M Job Kurniawan, Pasiter Kodim 0321 Rohil Kapten Inf Khairul, Kepala OPD, mantan Ketua DKD Rohil Hj Suryati serta Undangan lainnya. 

Ketua DKD Rohil Delsi Hendria dalam sambutannya mengatakan,"Malam ini sangat spesial bagi kami atas kehadiran Bupati dan wabup,tanpa dukungan pemerintah daerah kami tidak bisa apa-apa, kami akan jalankan amanah ini sebaik-baiknya,"Kata Deslsi.

Untuk agenda tahun 2022 ini,sambung Delsi, pihaknya telah mengambil kesepakatan bersama bahwa pada hari tanjak se dunia di Provinsi Riau,DKD Rohil akan menjadi tuan rumah.Adapun program lainnya sebut Delsi lagi,DKD juga akan menggelar acara balas pantun serta berbagai festival kesenian dan budaya lainnya. 

"Untuk itu,Kami minta dukungan dan tunjuk ajar pak Bupati dalam mengembangkan budaya Melayu kedepannya,"Pesan Delsi.

Sementara, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengharapkan, Kedepan DKD Rohil harus bisa mengembangkan dan melestarikan seluruh seni dan budaya yang ada di Kabupaten Rohil serta mengkoordinir seluruh sanggar yang ada,Sebab,menurut Bupati,selama ini sanggar-sanggar seni yang ada di Rohil kurang mendapat perhatian dari pemerintah daerah. 

"Selama ini Pemerintah kurang memperhatikan sanggar ini.Kedepan,Saya berharap DKD bisa mengkoordinir seluruh sanggar seni yang ada,soal anggaran akan kita dukung,"Ucap Bupati. 

Untuk itu,sambung Bupati Dalam melestarikan dan mengembangkan budaya Melayu di Rohil,perlu kerjasama semua unsur baik Pemerintah Daerah,DKD maupun berbagai unsur lainnya. 

"Perlu peran bersama untuk membina sanggar yang ada, karena kita memiliki banyak sanggar. Bagaimana kedepan budaya Melayu harus di kembangkan dan di lestarikan. Pemerintah juga tidak akan dapat mengkoordinir tanpa bantuan DKD," kata Bupati. 

Bupati juga berharap kepada pengurus DKD yang baru agar menyampaikan program maupun masukan kepada Pemerintah Daerah dalam memajukan budaya dan seni Melayu di Rohil. Dari segi anggaran tegas Bupati, Pemda akan memberikan dukungan. 

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Hj Suryati yang merupakan Ketua DKD sebelumnya yang selama ini telah mengembangkan budaya yang ada di Rohil melalui DKD.***


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar