TNI AL Dumai Laksanakan Penanaman Pohon Mangrove Sebanyak 2.237 Bibit di Kawasan Pesisir Pantai

Di Baca : 2028 Kali

DUMAI (KHC) - Pangkalan TNI AL Dumai ikuti penanaman serentak pohon mangrove sebanyak 2.237 bibit di kawasan pesisir pantai sekitar Dermaga Pos AL Dumai di Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan, Selasa.

TNI AL melaksanakan penanaman mangrove serentak di 77 lokasi di seluruh Indonesia dalam rangka peringatan Hari Mangrove Sedunia Tahun 2022, dan Lanal Dumai bersama unsur pimpinan daerah ikuti kegiatan menanam ini dengan diawali pembukaan secara virtual.

Kegiatan penanaman mangrove serentak ini terpusat di Kawasan Mangrove Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang Provinsi Banten dengan dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Penanaman ribuan batang mangrove di Dumai ini melibatkan juga unsur maritim, pelajar dan mahasiswa serta kelompok tani di sekitar pesisir.

"Penanaman mangrove ini bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian mangrove dan keselamatan bumi di masa depan," kata Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena dihadiri Asisten I Setdako Dumai Yusrizal.

Dijelaskan, Lanal Dumai menanam ribuan bibit mangrove ini tersebar di 9 wilayah di bawah Lanal Dumai di Provinsi Riau. Peringati hari Mangrove Sedunia ini juga bertujuan dapat terjalinnya hubungan humanis dan bersinergi semua unsur elemen di Dumai dalam sisi penjagaan lingkungan sekitar kawasan pantai.

"Mangrove salah satu ekosistem esensial di dunia yang mendukung sektor perikanan, mengurangi abrasi pantai, banjir, menjaga kualitas air pesisir, konservasi keanekaragaman hayati, penyimpanan karbon dan menyediakan bahan-bahan alami penting, serta sumber mata pencaharian bagi jutaan orang," sebut Danlanal Stanley.

Sebelumnya pada 12 Juli 2022, Lanal Dumai bersama unsur pemerintah dan masyarakat Kelurahan Bangsal Aceh, pelajar, kelompok tani dan karang taruna juga telah menanam mangrove yang pertama dengan jumlah 3.000 batang, serta pendistribusian bibit mangrove ke Pos AL di bawah jajaran Lanal Dumai dengan jumlah 2.286 batang bibit mangrove.

Pada saat ini juga seluruh posal di bawah jajaran Lanal Dumai ikut serta dalam kegiatan penanaman mangrove serentak diseluruh Indonesia melalui zoom meeting. Total keseluruhan bibit mangrove yang telah di tanam oleh Lanal Dumai beserta masyarakat dengan jumlah 7.250 batang.

Ini juga sekaligus sebagai implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Sementara, Asisten I Setdako Dumai Yusrizal memuji dan sangat mendukung aksi nyata dilakukan TNL AL yaitu penanaman bibit mangrove dalam rangka memperingati hari Mangrove Sedunia Tahun 2022.

"Aksi penanaman ini bentuk pelestarian lingkungan menjaga kawasan pesisir dari abrasi akibat ombak pasang, dan juga sejalan dengan program pemerintah rehabilitasi mangrove di Indonesia dan Dumai khususnya, melestarikan lingkungan serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya mangrove bagi ekosistem pesisir," demikian Yusrizal.***(Rdk) 


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar