Melalui Program Bantuan Promotif dan Preventif, BPJS Dumai Salurkan 77 Paket Bantuan APD

Di Baca : 1725 Kali
Teks foto : Kepala Bidang Pelayanan BPJamsostek Dumai Erlambang Saputra didampingi Kepala Bidang Keuangan Ronald menyerahkan alat pelindung diri kepada perwakilan pekerja di salah satu mitra BP Jamsostek Dumai, baru-baru ini.(Sumber : Riaupos.co)

DUMAI (KHC) - Melalui program bantuan promotif dan preventif, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau dikenal BP Jamsostek Cabang Dumai kembali memberikan manfaat tambahan.

Pada kesempatan kali ini ada 5 badan usaha (perusahaan) yang berhak menerima karena dinilai tertib administrasi dan kepesertaan. Adapun 5 perusahaan yang mendapat apresiasi ini adalah Perusahaan Rawlindo Power Solusi, Perusahaan Sinar Intiberkah Sejahtera, Perusahaan Cemerlang Samudera Kontrindo, PT  The Far East dan PT Patra Badak Arun Solusi.

Kepala BP Jamsostek Dumai Erwin Umaiyah, menyampaikan, bahwa bantuan ini salah satu upaya BP Jamsostek dalam membangun komunikasi yang baik dengan pengurus perusahaan dan para tenaga kerjanya. Karena melalui program promotif dan preventif ini, BP Jamsostek hadir memberikan perlindungan dan kenyamanan dalam bekerja bagi pekerja. Program ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerja. Sementara itu untuk jumlah dan jenis bantuan serta badan usaha yang berhak menerima program promotif preventif ini sudah ditentukan kriterianya oleh Kantor Pusat BP Jamsostek.Rabu (5/10).

Seperti dilansir media online Riaupos.co, Dalam hal ini BP Jamsostek Dumai hanya melanjutkan penyaluran kepada badan usaha yang berhak dan terpilih. Adapun kriteria perusahaan yang mendapatkan bantuan kegiatan promotif preventif antara lain, tertib administrasi kepesertaan dan tidak menunggak iuran, telah menjadi peserta BP Jamsostek paling singkat 3 (tiga) tahun, tidak termasuk dalam kategori pemberi kerja daftar sebagian (PDS) tenaga kerja dan program, pemberi kerja melaporkan upah minimal sesuai dengan upah minimum kabupaten/kota (UMK).

"Sepanjang 2022 ini, kami tengah mengoptimalkan program promotif dan preventif bagi perusahaan peserta BP Jamsostek. Sebelumnya di bulan Agustus, kegiatan promotive preventif juga telah dilakukan yaitu dengan pemberian paket sembako kepada dua perusahaan yang sesuai kriteria mendapatkan bantuan promotive preventif. Kesempatan kali ini ada 5 perusahaan yang diberikan bantuan kegiatan promotif dan preventif berupa alat pelindung diri (APD) Jasa Konstruksi. Total bantuan ada 77 paket berupa APD  jasa konstruksi yang berisikan helm proyek standar SNI, sarung tangan safety, dan rompi safety. Dengan  rincian penyerahan bantuan yang diberikan oleh BP Jamsostek yakni  PT Rawlindo Power solusi 15 paket, PT  Sinar Intiberkah Sejahtera 15 paket, PT  Cemerlang Samudera Kontrindo 15 paket, PT  The Far East 17 paket dan PT  Patra Badak Arun Solusi 15 paket,"Tambahnya.

Disisi Lain, Erwin mengatakan, program ini akan menjadi agenda rutin BP Jamsostek yang diadakan setiap tahun. Pihaknya menjalankan program tersebut sebagai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, serta Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 10 tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian Program Kembali Kerja serta Kegiatan Promotif dan Kegiatan Preventif, Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja. Bantuan tersebut diserahkan oleh Erlambang Saputra Kepala Bidang Pelayanan didampingi Ronald Kepala Bidang Keuangan beserta tim kepesertaan lainnya kepada masing masing perusahaan, Selasa (4/10/2022) Sebelum mengakhiri perbincangan, Erwin berharap pemberian bantuan tersebut bisa berguna bagi perusahaan untuk menekan angka kecelakaan kerja.***


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar