Baby Blues, Lima Faktor ini Menjadi Penyebabnya

Di Baca : 373 Kali

KABARHEADLINE.COM - Baby blues adalah perasaan sedih, cemas, atau lelah yang sering dialami oleh ibu baru setelah melahirkan. Ini merupakan reaksi normal terhadap perubahan yang terjadi setelah melahirkan, dan biasanya hilang sendiri dalam waktu beberapa hari sampai beberapa minggu setelah melahirkan.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan baby blues antara lain:

  1. Perubahan hormon: Setelah melahirkan, tubuh wanita mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi suasana hati.
  2. Kelelahan: Melahirkan dan merawat bayi dapat menyebabkan ibu merasa sangat lelah, yang dapat mempengaruhi suasana hati.
  3. Tekanan: Merawat bayi baru dapat menjadi tekanan tambahan bagi ibu baru, terutama jika ini adalah pertama kalinya menjadi ibu.
  4. Ketidakpastian: Menjadi ibu baru dapat menimbulkan banyak ketidakpastian tentang bagaimana merawat bayi dan mengelola kewajiban baru.
  5. Mimpi buruk: Beberapa ibu mungkin mengalami mimpi buruk setelah melahirkan, yang dapat mempengaruhi suasana hati.

Meskipun baby blues merupakan reaksi normal setelah melahirkan, jika perasaan sedih, cemas, atau lelah Anda tidak hilang setelah beberapa minggu. 

Jika Anda merasa tidak mampu menangani perasaan tersebut sendiri, sebaiknya carilah bantuan dari dokter atau psikolog. Mereka akan dapat memberikan saran dan dukungan yang diperlukan untuk mengatasi baby blues.


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar