Jam Gadang Bukittinggi Tetap Buka di Malam Tahun Baru 2023

Di Baca : 979 Kali

KABARHEADLINE.COM - Beberapa kali pada pergantian tahun, ikon Bukittinggi yakni jam gadang ditutup oleh pemerintah setempat dengan alasan kondisi tertentu pada saat itu. Tapi pada pergantian tahun 2022 ke 2023 Jam Gadang Bukittinggi akan tetap dibuka. 

Menara jam atau jam Gadang yang berlokasi di Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar). Nama “Gadang” sendiri diambil dari Bahasa Minangkabau yang berarti “besar”.

Ikon dari Kota Bukittinggi ini sering sekali menjadi lokasi tourist attraction yang wajib dikunjungi ketika berada di Sumbar terutama ketika momen pergantian tahun.

Melalui pernyataan dari Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengungkapkan bahwa ketika momen pergantian tahun dari 2022 menuju 2023 nanti, Jam Gadang tidak akan ditutup.

Dia mengungkapkan, kembali pada saat malam momen perayaan tahun baru di Jam Gadang akan dilaksanakan kegiatan muhasabah dan zikir bersama. Pelaksanaan tersebut tentunya menjadi agenda yang berbeda dari tahun lalu karena sebelumnya pemerintah Bukittinggi membatasi adanya kegiatan yang berlokasi di sekitar Jam Gadang.

Walaupun akan diadakan kegiatan di Jam Gadang, Pemerintah Bukittinggi telah mengeluarkan surat edaran dengan beberapa informasi seperti melakukan kegiatan pergantian tahun dengan memperbanyak zikir dan doa bersama.

Untuk meningkatkan rasa sosial dan rasa kepedulian, pengurus masjid melakukan program secara rutin dalam penyaluran dana umat, tidak adanya konvoi dan kembang api serta bagi masyarakat pemilik restoran atau tempat hiburan agar tidak melaksanakan kegiatan yang bertentangan dengan adat, budaya dan agama.***


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar