Ledakan Kilang PT Pertamina RU II Dumai Terjadi Disaat Masyarakat Tadaruz

Di Baca : 346 Kali

KABARHEADLINE.COM - Ledakan hebat di kilang PT Pertamina RU II Dumai tersebut terjadi disaat masyarakat tengah melaksanakan tadaruz pada malam 10 Ramadhan.

Ledakan hebat di kilang minyak Putri Tujuh PT Pertamina RU II Dumai tersebut membuat kota yang berada di pesisir laut Provinsi Riau tersebut bergetar hebat.

Getaran ledakan yang sangat kuat dari kilang minyak yang berada di Kecamatan Dumai Timur tersebut terasa hampir diseluruh Kecamatan.

Ledakan yang terjadi sekitar pukul 22.45 WIB pada Sabtu 1 April 2023 diduga berasal dari kompresor H2O yang terletak di kawasan produksi kilang membuat kerusakan pada pemukiman masyarakat.

Guncangan hebat yang disertai dentuman kuat tersebut juga membuat masyarakat yang tengah membaca Al-Quran harus meninggalkan Masjid dan juga Musholla di karenakan ledakan tersebut membuat kaca jendela rumah ibadah tersebut pecah akibat kuatnya ledakan tersebut.

Dampak Ledakan Pertamina Dumai

 

"Kita saat itu tengah tadaruz menjadi ketakutan karena ledakan tersebut yang membuat jendela menjadi pecah, bahkan plafon musholla juga hancur," kata Akbar yang merupakan remaja Mushola Al-Mansyur yang terletak di jalan Siliwangi gang Tuk Nuar.

Dikatakannya juga, melihat kondisi tersebut dirinya bergegas mencari tempat perlindungan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Kita melihat ada kobaran api dari dalam kilang PT Pertamina, saat itu kita mencari tempat yang aman, hingga saat ini kita masih merasakan ketakutan karena ledakannya sangat dahsyat," katanya dengan tegas.

Dari pantauan di lapangan, banyak rumah warga yang terletak tidak jauh dari pagar kilang minyak Putri Tujuh tersebut mengalami kerusakan pada jendela dikarenakan getaran dahsyat akibat ledakan malam itu.

Warga yang berada di area terdekat kilang PT Pertamina RU II Dumai terlihat siaga untuk menghindari peristiwa serupa.

Selain itu, didepan pintu masuk kilang minyak PT Pertamina RU II Dumai terlihat banyak masyarakat yang ingin melihat kondisi paska terjadi ledakan.

Ramainya masyarakat yang ingin mengetahui terkait kejadian tersebut membuat jalan Putri Tujuh di sekitar kilang minyak PT Pertamina RU II Dumai menjadi macet.

Pihak keamanan, baik dari security PTC dan juga TNI Polri terlihat kewalahan mengatur arus lalu lintas didepan lokasi, bahkan terdengar juga suara dari kendaraan Polantas Polres Dumai meminta warga untuk mengosongkan lokasi didepan kilang minyak tersebut untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dan juga untuk mempelancar aktivitas penanganan ledakan itu.

 


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar