Pembuatan Bank Sampah, Modal Sampah Dijadikan Rupiah

Di Baca : 11704 Kali

SIAK (KHC) - Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. 

Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.Rabu 15 Juli 2020.

Peserta Kukerta Balek Kampung UNRI 2020 Desa Kubang Jaya Kec. Siak Hulu Kab. Kampar melaksanakan program kerja "Modal Sampah Dijadikan Rupiah".

Program tersebut dibagi menjadi 2 kegiatan yang pertama kegiatan pembuatan bank sampah dan kegiatan kedua sosialisasi kepada masyarakat RT02 RW02 Dusun II Desa Kubang Jaya.

Program tersebut dibuat Peserta Kukerta agar masyarakat lebih memaksimalkan pemanfaatan sampah seperti pemanfaatan sampah untuk membuat kerajinan dan lain-lainnya. 

Untuk pelaksanaan program tersebut Tim Kukerta membuat media bank sampah dari bahan kayu dan botol plastik bekas, media bank sampah dari kayu dibuat dengan ukuran 1x1 meter dengan jumlah 6 buah, sedangkan media bank sampah dari botol plastik bekas dibuat 1 buah.

Media Bank Sampah yang telah selessai dibuat oleh Peserta Kukerta Akan diletakkan disejumlah titik lokasi seperti Kantor Desa Kubang Jaya, Posyandu RT02 RW02 Dusun II Desa Kubang Jaya, dan dibeberapa tempat lainnya.

Dan Sosialisasi Terkait Bank Sampah Kepada Masyarakat Desa Kubang Jaya. setelah pembuatan media bank sampah sampah selesai, peserta kukerta melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat RT 02 / RW 02 Dusun II Desa Kubang Jaya terkait Bank Sampah dan serta manfaatnya.***

Sumber : Rls/Balek Kampung UNRI


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar