Dandim Agung : Mewujudkan Swasembada Pangan Di Riau

Besok, Gubernur Riau Hadiri Panen Raya Di Rokan Baru

Di Baca : 1727 Kali

BAGANSIAPIAPI (KHC) - Jika tidak ada arial melintang, Besok, Kamis, (10/09/2020), Forkominda Propinsi Riau akan menghadiri Panen Raya dalam rangka Ketahanan Pangan Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bekerjasama Kodim 0321/Rohil bersama Korem 031 Wirabima.

Panen Raya dalam rangka Ketahanan Pangan Pemkab Rohil ini,akan di gelar di Kepenghuluan Rokan Baru,Kecamatan Pekaitan,dan rencanakan akan di hadiri Gubernur Riau H Syamsuar beserta jajaran Pejabat Tinggi Propinsi Riau, Kapolda Riau, Danrem 031/Wira Bima, Ketua DPR Riau,Kajati Riau, Danlanud, Danlanal, Bupati Rohil H Suyatno Beserta Jajaran Forkominda Rohil, Seluruh Camat dan Datuk Penghulu.

Demikian di Ungkapkan Dandim Letkol Arh Agung Rakman Wahyudi,S.IP,MI. yang di konfirmasi melalui Pesan Whatt Shappnya,Rabu (09/09).

"Sesuai Undangan,Besok Kita menggelar Panen Raya bersama Forkominda Propinsi Riau dalam rangka ketahanan pangan Pemkab Rohil bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0321/Rohil dengan Komando Resor Militer (Korem) 031/ Wira Bima di lahan seluas 133 Hektar di Desa Rokan Baru Kecamatan Pekaitan."Jelasnya.

Panen Raya ini, lanjutnya lagi akan di hadiri Gubernur Riau H Samsuar, Ketua DPR Riau, Danrem 031/Wira Bima Kolonel Inf M Syech Ismed, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si, Danlanud, Danlanal, Bupati Rohil H Suyatno beserta Kepala Forkominda Rohil, Para Camat dan Datuk Penghulu.

"Kedatangan mereka selain akan melakukan panen raya ketahanan pangan Pemkab Rohil juga akan melakukan silaturahmi dengan Bupati Rohil dan Forkopimda Rohil,Kadis Pertanian,Upika Pekaitan beserta Penghulu Jajaran serta Dinas terkait."Jelasnya lagi.

Orang nomor satu di Kodim 0321/Rohil ini memaparkan, Program ketahanan pangan ini merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat dan Pemda Kabupaten Rohil yang di bangun melalui sinergitas bersama Kepala desa, Babinsa dan petugas PPL bersama seluruh kelompok tani dalam pengelolaan lahan pertanian ini yang dirintis dari kondisi awal berupa lahan rawa menjadi lahan pertanian yang produktif sampai saat ini seluas 133 hektar yang sangat luar biasa dapat di tanami tanaman padi.

Apalagi saat ini Kita dihadapkan dengan kondisi perekonomian Nasional yang masih berupaya bangkit kembali, akibat dampak pandemi Covid 19, masyarakat disini ternyata mampu secara mandiri menciptakan peluang kerja sebagai petani dan mendukung program ketahanan pangan nasional.

Lahan padi disini merupakan lahan percontohan terhadap pengelolaan tanah beting yang banyak muncul di sepanjang aliran sungai Rokan. Terbukti lahan rawa tanah beting di Kabupaten Rohil sangat subur, dengan 2 kali masa panen tanpa menggunakan pupuk organik dan kimia.

Kodim 0321/Rohil yang berhasil mendampingi kelompok tani dalam program ketahanan pangan di Kecamatan Pekaitan sebagai pendamping sampai tercapai pengelolaan seluas 600 hektar sesuai yang direncanakan.

Untuk itu, Korem 031/WB beserta Kodim jajaran kedepan akan terus melaksanakan pembinaan dan pendampingan pertanian dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan kementrian pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan di Provinsi Riau."Pungkasnya.***


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar