Target Menang Pilpres 2024, Ketum PG Kirim Sinyal ke Prabowo dan Puan

Di Baca : 1309 Kali
Ket Foto : Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menargetkan partainya menang Pilpres 2024. Hal itu disampaikannya saat HUT ke-57 Partai Golkar di Jakarta.

JAKARTA (KHC) - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto menargetkan partainya menang di Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Airlangga saat HUT ke-57 Partai Golkar di Jakarta, Rabu 10 Oktober 2021.

Pengamat politik dari Universitas Al azhar, Ujang Komarudin menilai, ucapan Airlangga menyiratkan dirinya siap maju di Pilpres 2024. Bahkan siap berhadapan dengan capres lain seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, atau Puan Maharani.

"Seorang Ketum partai memang harus membawa rasa optimisme bagi kadernya. Makna ucapan Airlangga, bahwa Golkar serius dalam soal pencapresan," kata Ujang, Kamis (21/10/2021).

"Jika Golkar mengusung Airlangga dan didukung partai koalisi lain, maka bisa saja akan bersaing dengan Prabowo, Anies, Ganjar dan lain lain," tambahnya.

Ujang mengatakan, sikap optimistis Airlangga itu juga untuk menyemangati para kader agar berjuang maksimal. Serta meningkatkan elektabilitas partai.

"Kelihatannya dia (Airlangga) optimistis akan maju. Artinya dia sudah siap berhadap-hadapan dengan capres lainnya. Soal kans menang, tergantung Golkar memainkan mesin politiknya," ucap Ujang.

Sebelumnya, Airlangga menargetkan partainya menang di Pilpres 2024. Meski belum dideklarasikan, Airlangga bakal diusung Golkar sebagai calon presiden pada 2024 karena kader terbaik saat ini.

"Untuk pemilihan presiden, minimal harus menang. Jadi maksimalnya silahkan dicari, tapi minimal harus capres kita menang," ucap Airlangga di sela acara HUT ke-57 Partai Golkar.

Airlangga juga menekankan target kemenangan pemilihan kepala daerah. Dia menyebut harus meraih minimal 60 persen kursi. Untuk itu Partai Golkar menargetkan kadernya minimal 20 persen harus menduduki parlemen Senayan pada pemilihan legislatif 2024.

"Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk menyatukan tekad kita dan kita merapatkan barisan, kita mempunyai narasi satu, kita juga mempunyai usaha bersama untuk kemenangan Partai Golkar," ungkapnya.

"Masih ada waktu 3 tahun ke depan. Kita konsolidasikan kekuatan, satukan langkah, raihlah simpati masyarakat. Rebut hati rakyat agar rakyat memberikan kepercayaan kepada Partai Golkar," sambungnya.

Kader disebut berkeinginan mengusung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Partai berlambang beringin itu diharapkan mengeluarkan keputusan resmi secepatnya, sebelum kontestasi berlangsung.

"Jadi keputusan untuk mendukung dan mencalonkan Bapak Airlangga, tentu harus jauh-jauh hari kita tegaskan," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2021.

Menurut dia, salah satu tujuan mempercepat deklarasi Airlangga sebagai capres untuk meningkatkan elektabilitas. Ace Hasan mengakui tingkat keterpilihan Airlangga masih rendah di sejumlah survei.

"Tugas utama kami sekarang ini adalah bagaimana meningkatkan popularitas Pak Airlangga kemudian meningkatkan legibilitasnya beliau tentu dari situ nanti akan muncul elektabilitasnya," ungkap Ace Hasan.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu menyampaikan mayoritas keluarga besar Golkar sudah menyatakan dukungan agar Airlangga maju pada Pilpres 2024. Hal itu disampaikan dalam sejumlah kegiatan resmi.

Dia menyampaikan dukungan Airlangga sebagai capres mengemuka pada Musyawarah Nasional (Munas) 2019. Hal itu kembali disuarakan kader pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar pada Maret 2021.***

Sumber : Sindonews.com

Editor : Ricky


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar