Pemko Dumai Beri Bantuan Dana Pendidikan Kepada 177 Mahasiswa S1 dan D3

Di Baca : 1540 Kali

DUMAI (KHC) - Pemerintah kota Dumai terus mendorong peningkatan mutu pendidikan dengan mengalokasikan berbagai beasiswa untuk putra dan putri asal kota Dumai. Walikota Dumai H Paisal SKM, Mars melakukan berbagai terobosan dan jenis bantuan yang dibungkus dalam program khidmat pendidikan.

Sebelumnya Walikota Dumai telah mengalokasikan beasiswa penuh terhadap lulusan Politeknik Chevron Riau (PCR), untuk tahun 2022 ini sebanyak 15 mahasiswa menerima Rp33 juta setiap tahunnya untuk uang sekolah dan pembiayaan hidup. Penerima beasiswa lulusan PCR merupakan mahasiswa yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan data keluarga mereka masuk sebagai penerima bantuan sosial pemerintah.

Kini pemerintah Dumai kembali menyalurkan untuk 177 mahasiswa/i dengan rincian 117 mahasiswa/i yang sedang mengikuti program pendidikan sarjana (S1) dan 60 mahasiswa/i yang mengikuti program pendidikan D3.

Masing-masing putra dan putri asal kota Dumai yang terpilih akan mendapatkan bantuan pendidikan sebanyak Rp3 juta rupiah setiap tahunnya untuk S1, dan Rp2 juta rupiah bagi program D3.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Kesra Pemko Dumai, Eromzi kepada media belum lama ini. Dia menjelaskan bahwa program beasiswa umum ini melalui seleksi dan kriteria tertentu.

"Ada persyaratan khusus bagi penerima beasiswa umum ini, diantaranya nilai IP minimal 3,6 dan berprestasi. Untuk latar belakang tidak harus keluarga tidak mampu karena bersifat umum maka seluruh mahasiwa memiliki kesempatan yang sama," ungkapnya.

Dikatakan Eromzi, pembiayaan tersebut akan dikirim langsung kepada rekening masing-masing mahasiswa/i yang terpilih dan mereka bebas untuk menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan apapun.

"Pada 31 Agustus kemarin telah kita sebar edaran terkait seleksi mahasiswa penerima. Jika nanti jumlah pendaftar membludak maka akan diseleksi melalui nilai IP masing-masing, yang tertinggi akan diprioritaskan," terangnya.

Program beasiswa ini, kata Eromzi merupakan upaya pemerintah Dumai mendorong keberlangsungan pendidikan generasi bangsa agar dapat menyelesaikan pendidikan yang berkualitas dan bermutu. Dimana diharapkan pendidikan yang mereka dapatkan bisa bermanfaat bagi Daerah.

"Sebagaimana program khidmat pendidikan yang digagas Walikota Dumai, maka segala bentuk pembiayaan dan bantuan dana pedidikan ini akan ditingkatkan setiap tahunnya. Sebagaimana penerima beasiswa penuh bagi lulusan PCR tahun 2023 akan ditingkatkan menjadi 30 mahasiswa," kata Eromzi.***

Editor : Ricky 


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar