Pra UKW PWI Riau Angkatan XIX dan XX, Zulmahsyah Harap Peserta Lulus 100 Persen

Di Baca : 2800 Kali
Teks Foto : Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang memberikan pemahaman awal kepada para peserta sehari sebelum pelaksanaan UKW yang akan dilaksanakan di Hotel Hollywood, Jalan Kuantan Raya, Kota Pekanbaru pada Rabu (19/10/2022) dan Kamis (20/1/2022) mendata

PEKANBARU (KHC) - PWI Provinsi Riau melaksanakan pra Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) 2022 Angkatan XIX dan XX yang digelar di Gedung PWI Riau, Jalan Arifin Ahmad, Selasa (18/10/2022).

Pelaksanaan Pra UKW ini sebagai upaya memberikan pemahaman awal kepada para peserta sehari sebelum pelaksanaan UKW yang akan dilaksanakan di Hotel Hollywood, Jalan Kuantan Raya, Kota Pekanbaru pada Rabu (19/10/2022) dan Kamis (20/1/2022) mendatang.

"Supaya tau medan perang yang akan dihadapi besok, maka perlu dilakukan pra UKW bagi peserta, diharapkan besok peserta lebih siap secara mental dan pengetahuan," ungkap Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang, Selasa (18/10/2022).

Dalam kesempatan itu juga, Zulmansyah menjelaskan urutan materi yang bakal diuji kepada peserta. Untuk peserta UKW tingkat muda materi ujian dimulai dari merencanakan atau mengusulkan liputan, rapat redaksi, liputan terjadwal, wawancara cegat, menulis berita, menyunting berita, membuat rubrikasi, wawancara tatap muka, dan jejaring.

Disamping itu, ia juga menekankan pentingnya kedisiplinan dalam mengikuti UKW tersebut.

"Ujian ini kan lebih kepada aktivas yang sudah dilakukan sehari-hari. Bagi wartawan yang selama ini menjalankan tugas jurnalistik dengan berpegang kepada kode etik serta pedoman perilaku wartawan tentu saya kira tidak akan berat," ungkapnya.

"Tapi perlu ditekankan di sini pentingnya kedisiplinan terutama berkaitan dengan waktu, semua akan jadi penilaian penguji," ujarnya lagi.

Zulmansyah berharap, UKW ini bisa menghasilkan wartawan profesional dan kompeten.

"Kita berharap seluruh peserta yang mengikuti UKW bisa lolos 100 persen, dan menghasilkan wartawan yang profesional dan kompeten," pungkas Zulmansyah.

Untuk diketahui, pelaksanaan UKW dua angkatan ini ada sebanyak 10 Kelas, terdiri dari 7 kelas jenjang muda, 2 kelas jenjang madya, dan 1 kelas jenjang utama.***(Rls) 


[Ikuti KabarHeadline.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar